Jumat, 07 Oktober 2011

Sungai Dasar Laut


Suatu fenomena alam yang ramai diperbincangkan oleh khayalak dunia yaitu penemuan sungai di bawah laut, Cenote Angelita, Meksiko. Rasa air di sungai yang ada di dasar laut ini dan air dari air laut itu sendiri berbeda. Air laut terasa tawar, sedangkan air sungai yang ada di dasar laut tersebut rasanya tawar. Entah bagaimana fenomena ini dapat terjadi. Sungguh keajaiban yang luar biasa. Dimana air asin dan air tawar tidak menyatu dalam satu tempat yang sama.

Ada artikel yang menyebutkan bahwa sungai dasar laut ini sudah disebutkan dalam Al-Qur'an :
  • "Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." (QS : Al Furqon 53)
  • “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” (QS Ar Rahmaan : 19-20)
Juga ada yang mengatakan bahwa warna kecoklatan seperti air sungai itu merupakan lapisan gas hidrogen sulfida. Namun warna kecoklatan itu bukan berasal dari air tawar. Disebutkan, bagian kecoklatan yang mirip air sungai itu adalah lapisan bagian bawah gas hidrogen sulfide atau H2S. Gas yang biasanya dihasilkan dari saluran pembuangan kotoran.

Keadaan di sekitar sungai dasar laut tersebut tampak seperti sungai-sungai yang dapat kita lihat dari daratan. Di sekitar sungai bawah laut terdapat ranting-ranting, pepohonan, daun-daun kering yang berguguran.

Berikut adalah beberapa foto dan video tentang sungai dasar laut :






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar